Oleh : Thomas Ari Negara

Perusahaan search engine terbesar di dunia memberikan komitmen pada pengembangan energi bersih (clean energy) untuk masa depan. Melalui program yang diluncurkanya, yang disebut RE<C (Renewable Energy Cheaper Than Coal) Google bertekad untuk dapat membangun pembangkit listrik 1 GW yang berasal dari energi terbarukan yang memang sudah siap masuk pasar dan lebih ekonomis dibandingkan dengan pembangkitan listrik dari baru bara. Sumber energi terbarukan yang menjadi fokus penelitian Google adalah advanced solar thermal power, wind power technologies, and enhanced geothermal systems.

Untuk melengkapi program RE<C, google.org juga menyediakan hibah dan investasi strategis bagi semua organisasi di dunia yang cukup intensif mengadakan penelitian optimasi teknologi pembangkitan energi terbarukan sehingga secara ekonomis bisa lebih murah dibandingkan dengan pembangkitan dengan batu bara.

Pada tahun 2007, google terus berusaha untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi di perusahaan dan memiliki kebijakan ke depan harus benar-benar menggunakan energi yang bersih dan ramah lingkungan. Pada tahun 2007 saja, Google telah membentuk sebuah komunitas global – Climate Savers Computing Initiative, yaitu sebuah komunitas yang mendukung pendisainan dan penggunaan infrastruktur komputasi yang sedikit mengeluarkan sampah energi.

Informasi yang lebih lengkap mengenai perkembangan penelitian, karir, komunitas yang dilakukan Google dapat dilihat di:

http://www.google.com/corporate/green/energy/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.