Oleh: Muhammad Ery Wijaya

Economist Group (Economic Intelligence Unit) dengan sponsor dari Chevron membangun sebuah permainan online yang dinamakan Energyville, Game ini merepresentasikan sebuah kota industri dengan permintaan terhadap energi yang terus berkembang dari sektor perumahan dan apartemen, bangunan perkantoran, pabrik-pabrik, mobil, angkutan massal, dan pesawat terbang. Permintaan energi di kota tersebut bermacam-macam dari sektor transportasi hingga sektor industri (pabrik) yang didasarkan pada proyeksi dari negara-negara anggota OECD ( Organisation for Economic Cooperastion and Development).

Game ini terdiri dari dua level, pada level pertama pemain harus memilih sumber energi yang dibutuhkan untuk kota tersebut pada tahun 2015, dan pada level kedua ada beberapa pilihan keputusan yang harus diambil untuk mempersiapkan permintaan energi pada tahun 2030. Pada level pertama, populasi kota didasarkan pada rata-rata jumlah populasi di kota industri, dan pada level kedua populasi penduduk didasarkan pada rata-rata pertumbuhan kota-kota besar dunia.

Selama permainan dijalankan, pemain harus memilih diantara delapan sumber energi yang berbeda yang akan digunakan sebagai energi bagi kota mereka pada untuk tahun 2015, dan sepuluh sumber energi yang berbeda untuk tahun 2030. Pada 2015 sumber energi yang tersedia adalah gas alam, petroleum, batu bara, biomasa, energi angin, energi matahari, nuklir dan energi air. Di tahun 2030 ditambah energy dari oil shale dan hydrogen.

Pada akhir permainan pada tiap level yang dimainkan, pemain memiliki kesempatan untuk mengimplementasikan pengukuran efisiensi energi dan konservasi energi. Pengukuran ini akan sangat penting untuk kepentingan masa depan penduduknya atau untuk kepentingan bisnis terutama bagi perhitungan cost yang akan dikeluarkan dan dampak terhadap lingkungan. Pemain dapat memilih untuk mengimplementasikan atau tidak hasil pengukuran tersebut yang didasarkan pada pilihan masing-masing pemain, dan perhitungan ekonomi, keamanan, dan dampak lingkungan yang menyertainya.

Game ini menjadi sangat menarik untuk dimainkan karena hasilnya akan discoring dan bisa dibenchmark dengan player lain all over the world, kemudian ada ranking score dan further discussionya alias pemain debate dengan player lainnya jika mau. Untuk dapat memainkannya kami sarankan untuk menggunakan koneksi internet yang kecepatannya diatas 250 kb/s, permainan ini dapat diakses melalui website chevron di www.chevron.com. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.