Saat ini Tim KAMASE di bawah Renewable Energy Dept. sedang mempersiapkan penelitian pembuatan bio-ethanol dari alga. Dalam penelitian ini, Tim KAMASE akan bekerja sama dengan mahasiswa Teknologi Industri Pertanian UGM dan Kelompok Studi bioteknologi, Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP. Penelitian ini dibagi menjadi beberapa bidang, dimana masing-masing bidang tersebut akan dikerjakan oleh mahasiswa sesuai dengan kompetensi keilmuannya.

Bidang-bidang yang dikaji dalam penelitian ini antara lain:

  • Pemilihan jenis/bahan baku alga, teknik budidaya (Mahasiswa Ilmu Kelautan)
  • Ekstraksi bahan baku alga menjadi cairan/minyak alga, pemisahan bahan padatan dengan cairan alga (Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian)
  • Destilasi/pemisahan ethanol dari cairan/minyak alga dengan menggunakan renewable energy hybrid system (Tim KAMASE/Mahasiswa Teknik Fisika)

Penelitian ini akan dikerjakan dibawah bimbingan Dosen Teknologi Industri Pertanian UGM. Diharapkan dari penelitian ini akan dihasilkan sejumlah data awal yang mendukung penelitian lebih lanjut mengenai bio-ethanol dari alga dan meningkatkan nilai keekonomian bio-ethanol dari alga sehingga dapat bersaing dengan ethanol dari tetes tebu.

Kami juga mengundang perusahaan atau lembaga yang tertarik dengan penelitian ini untuk melakukan kerjasama baik dalam bentuk dukungan pendanaan maupun dalam bentuk lain, untuk informasi lebih lanjut silahkan kirim email ke kamase_ugm[AT]yahoo.co.id

3 Replies to “Kamase Memulai Riset Bio-ethanol dari Alga”

  1. salam kenal,,, sekarang saya lagi penelitian bioetanol dari rumput laut jenis alga merah,,, tapi saya kekurangan bahan perbandingan dan literatur,, apa temen2 yang tergabung dalam komunitas ini bisa bantu,, minimal bisa diskusi,,

  2. hai… teman teman komunitas bio ethanol,saat ini saya udah mendesain dan membuat beberapa prototype mesin destilator bio ethanol dari sistim bacth kapasitas 100 ltr s/d 300 ltr perhari.
    untuk hasil produksi ethanol diatas 250 ltr perhari sebaiknya gunakan sistim still continue dalam skala rumahan dengan hasil kadar 70% ~ 95,5%.
    dan sekarang berkembang dengan beberapa suplemen komponen untuk memperbaiki kadar,bau juga warna,
    bio ethanol menjadi up 96% ~ 99,9 % dengan metode menggunakan dehidrator pada umumnya atau yang lebih mudah lagi dengan alat vacuum purity yang dapat di pasang ke semua jenis mesin destilasi.
    ada 3 type dari yang mengangkat kadar ethanol 85%~90% menjadi up 96% s/d 99,9% kapasitas output:15 s/d 25 ltr perjam,
    25ltr s/d 50 ltr perjam
    dan skala industri up 50 ltr per jam nya..bagi yang berminat silahkan email ke ; marcelharry_tjuanda@yahoo.com atau kontak aja di 081281858737

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.